LEBIH DEKAT DENGAN VIRUS PADA KOMPUTER ANDA

Anda sudah pasti terbiasa dengan dinamika internet atau pun pernah merasakan pekerjaan anda di halangi oleh Virus? (boleh dikatakan demikian). Penulis ingin memberi masukan tentang Dinamika Virus yang pastinya anda dapat mengatasi sendiri jika anda menggunakan Gedget anda terinfect virus. Pasti sering terjadi di dalam aktivitas atau mengerjakan tugas anda, di rumah atau di kantor.


APA ITU VIRUS ya?
Penulis pernah mengalami satu masalah tentang dinamika diatas, dan waktu terus berlalu, dapat diketahui dengan sendirinya bahwa virus adalah KUMPULAN APLIKASI VISUAL BASIC (Dengan Bahasa Pemograman Tingkat Tinggi) dengan tujuan dapat menggandakan diri, sesuai keinginan si Pembuatnya tentunya. Contohnya ada virus tentang Trojan (Troy) dalam istilahnya diambil dari Pasukan Perang Inggris jaman dulu, pasukan ini biasanya menyerang musuhnya diawali dengan Senjata Kecil (Pasukan Paling Depan) dengan sendirinya seluruh pasukannya yang besar dapat mengetahui kapan semuanya 'serang' jika sudah terjadi "peperangan" di lapangan.
Logika tadi di lakukan oleh sebuah virus Trojan.
Kita kudu hati-hati karena selalu diincar diam-diam.
Tapi jangan panik yaa.. ini semua termasuk data (tapi data yang tidak dindang).
Masih banyak lagi model virus beserta tujuan dan misinya.

So..Apa yang harus kita lakukan?

Ada beberapa hal yang kita harus lakukan (menurut penulis);
1. Management Data
Me-managemen data yang baik bisa menjadi solusi penting untuk mengatasi jika datangnya virus pada komputer kita. Saya memberikan contoh: Seorang Freelance tidak mungkin lah membawa antivirus kemana mana, karena yang terpenting bagi dia adalah data nya. Dengan cara ini data kita bisa diartikan terBackUp dan aman jika terjadi sesuatu. Seorang freelance selalu menyimpan data tidak pada satu tempat, sehingga waktu untuk memberpaiki datanya jika terkena virus bisa ditunda dan tidak menyita waktu kerjanya.
Harapannya dalam me-managemen data adalah selagi data masih bisa digunakan dan bisa meghasilkan berarti kita masih nomor duakan virus. Demikian kiranya uraiannya tentang me-managemen data, dan semua kembali ke pada anda mana yang paling baik untuk anda.

2. Pengalaman dan Pengetahuan
Pengalaman selama anda ber-komputer (mengerjakan tugas kantor, toko, internet dll) penulsi merasa anda sudah pahami tentang topik ini, tapi pengalaman bisa menjadi ukuran utama dalam mengatasi komputer anda dari serangan virus. Contohnya: penulis selalu bekerja, kapan dan dmn menggunakan komputer, dari sini penulis sering menemukan kendala karena komputer yang dipakai sudah terinfect virus. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang penulis miliki, penulis merasa tidak masalah karena virus yang masuk (terinfect) di data, penulis dapat membersihkannya sendiri. Bisa dengan cara membersikan jika sudah selesai tugas kerjanya, dan memang yang terpenting dalam PEKERJAAN adalah data bukan Virus. Kembali kepada anda bagaimana pengalaman anda sendiri mengatasi virus.

3. Keuangan dan Karir
Keuangan dan Karir selalu berjalan seiring menurut hukum ekonomi. Anda punya uang? dipastikan semuanya aman. Betul Kah? yang memang betul. Seorang penggemar game online selalu menggunakan komputer bapaknya (contoh jika di rumah), si gamer merasa aman saja karena permainan yang dilakukan tidak berhubungan dengan data bapaknya, dia berpikir bahwa bapaknya punya banyak uang, dan jika terjadi sesuatu pada komputer seperti virus, dapat membelinya (AntiVirus) dengan mudah.
Nah, dengan uraian diatas memang sangatlah aman jika kita mempunyai uang. Bisa membeli paketan Antivirus dan lain-lain, ini menjadi ukuran utama bagi mereka, tapi selebihnya penulis kembali kepada anda sendiri.. Anda punya uang untuk menunjang karir anda, lakukan seperti bapaknya si gamer.


Kesimpulan yang penulis ambil dari beberapa hal diatas, adalah sebuah virus harus termasuk dalam 'keluarga' komputer kita. Dia tidak diundang, tidak dijemput, atau ada yang mengantar? penulis juga seperti ini sekarang. Ketika kita berpikir bahwa virus selalu menggagu kita, saya rasa pekerjaan kita selalu berantakan.
Komputer yang anda beli, baru digunakan beberapa hari sudah terinfect virus? kita selalu menyalahkan orang terakhir atau tempat dimana kita membeli komputer itu sendiri. Penulis pesankan hal ini tidaklah menjadi beban untuk sebuah pekerjaan.

Tambahan dari penulis, Jika sudah memahami tentang Dinamika Virus, gunakanlah Anti Virus yang berlisiensi. Tapi khan masih ada AntiVirus yang gratisan? iya betul, tidak jauh perbedaannya dengan yang berlisensi.
Banyak situ antivirus yang Gratis maupun yang berbayar, semua tergantung anda sendiri.

Demikian postingan saya kali ini. postingan yang lain dengan Topik yang lain tentang AntiVirus yang segera diposting. Thanks.